Virtual Nusantara - Media Informasi Indonesia
banner 728x90

Workshop Literasi dan LaTEX

Pada hari Senin-Rabu 7-9/5/2018 telah dilaksanakan kegiatan Workshop Penggunaan Latex dan Aplikasi Mendeley yang bertempat SIC lt 3 DIKE MIPA UGM. Kegiatan yang diselenggarakan ini ditujukan bagi mahasiswa Prodi Doktor Ilmu Komputer bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut Bapak Dr. Yohanes Suyanto dan Bapak Dr. Toto.

 

Keberadaan sebuah perangkat lunak untuk membantu dalam penulisan karya ilmiah sangat penting, agar penulis tidak terjebak dalam tindak plagiasi ketika melakukan sebuah kutipan. Dengan aplikasi tersebut, penulis dapat melacak dan mengidentifikasi keaslian dan kualitas setiap referensi yang mereka gunakan. Salah satu aplikasi reference manager adalah Mendeley. Aplikasi Mendeley merupakan sebuah aplikasi “Citation and Reference Manager” yang berguna untuk mengelola dan berbagi data penelitian, melakukan pencarian jurnal, serta berkolaborasi dengan sesama peneliti di seluruh belahan dunia yang terhubung dalam sebuah jejaring sosial. Dengan aplikasi ini, penulis dapat melakukan manajemen referensi dalam makalahnya, di antaranya mengatur tata kelola penulisan daftar pustaka serta kutipan dari artikel referensi. Diharapkan dengan pelatihan aplikasi ini dapat membantu dan memudahkan mahasiswa ketika melakukan penulisan penelitian.

Tiap individu bisa menghimpun pustakanya sendiri di Mendeley, serta bisa saling sharing sesama anggota. Ia mengakui sulitnya bagi dosen dalam
memilih referensi yang berserakan. Dengan bergabung dalam Mendeley ia dan para dosen dimudahkan untuk menghimpun referensi sesuai dengan disiplin ilmu dan kebutuhan.
“Saya berusaha mengelompokkan sesuai dengan tema, jadi saat membuat paper saya tidak lagi kesulitan karena tinggal mengambilnya dari Mendeley. Kepada semua dosen saya anjurkan untuk mengambil referensi terbaru, maksimal lima tahun
terakhir,” harapnya.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply