Virtual Nusantara - Media Informasi Indonesia
banner 728x90

Smart Parenting, Smart Parent for Smart Generation

VNUSANTARA – Dalam rangka sharing pengasuhan anak di jaman now TPAIT KB IT TKIT Al-Hasna Klaten menyelenggarakan kegiatan seminar pendidikan yang mengusung tema “Smart Parenting Smart Children”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 April 2018, di Aula RM. Ilham Klaten. Dalam Sambutannya Ust. Ratih Nandar sebagai Kepala TKIT Al-Hasna mengatakan membentuk sebuah keluarga untuk bahagia dan sejahtera, bukan hanya sebuah kata-kata, tetapi harus direncanakan sejak dini. Pola didik, gaya mengasuh dan cara berkomunikasi akan mempengaruhi sikap dan karakter anak.

Pada talkshow kali ini, sepasang suami istri sebagai narasumber adalah dr. setiawati, M.Sc seorang dokter dan pemerhati anak dengan sang suami Nurul Hidayat sebagai technopreneurship dan dosen IT.

Di dalam mendidik anak Terdapat berbagai macam pola asuh orang tua, Semua tentu memiliki tujuan yang baik, yaitu bagaimana agar sang anak menjadi anak yang baik, dapat diterima semua kalangan, dan sukses di masa depan. Dari gaya pola asuh, di antaranya ada 2 macam, yaitu otoriter dan demokratis. Sedangkan dari tujuan, juga ada 2 macam, yaitu tanpa tujuan serta mendidik dan membangun untuk tujuan tertentu. Lebih jauh Dokter Wati menyarankan peserta seminar agar dapat memberi kesempatan kepada anak untuk memilih dengan arahan bukan paksaan. Orang tua yang smart dapat memberikan reward yang sehat. Dokter Wati juga menekankan kepada orang tua smart agar fokus pada kelebihan yang dimiliki anak bukan fokus pada kekurangan yang dimiliki si anak. Dokter Wati memberikan  Tip dan trik dalam mendidik keempat putrinya :

  • Pembagian tugas dengan suami
  • Maghrib sudah dirumah
  • Temani ketika anak sedang nonton tv, internet (meskipun tugas sekolah)
  • Simpan alat teknologi di tengah rumah, bukan ruangan tertutup
  • Ketika dirumah, curahkan semua untuk anak
  • Bersamai anak ketika mau tidur
  • Ajak aktivitas bersama
  • Selalu sertakan anak kita dalam doa-doa kita

Dalam materinya beliau menyampaikan pentingnya mendidik anak diera globalisasi ini agar anak tetap melek tekhnologi namun tidak sampai kecanduan tekhnologi. Dalam seminarnya beliau juga menyampaikan perkembangan tekhnologi saat ini bukanlah penyebab dari kebobrokan moral anak, namun pola pikir dari orang tualah yang menjadikan anak itu menjadi insan yang terbaik ataupun tidak.

“Teknologi digital ibarat pisau bermata dua. Dari sisi positif, teknologi memang bisa bermanfaat menambah wawasan seiring perkembangan zaman yang ada, namun sebaliknya teknologi juga bisa menjerumuskan ke hal-hal yang buruk”, kata Nurul Hidayat

Seperti dikatakan Nurul Hidayat, menjadi orang tua di zaman abad informasi harus kreatif dan bisa mengikuti perkembangan zaman. Mereka harus bisa memberikan pengertian kepada anak saat menggunakan gadget secara cerdas. Gadget bisa digunakan untuk hal yang positif seperti belajar.

“Sebagai orang tua harus paham etiket dan etika bermedsos. Literasi digital juga sama, bahwa sosmed adalah ruang publik. Sehingga tidak sembarang posting, tapi banjiri medsos dengan konten positif,” ujar Nurul.

Selama acara berlangsung, antusias para peserta begitu terlihat. Mereka dengan seksama mengikuti acara dari awal sampai akhir talkshow ‘Smart Parenting’ . Di akhir acara, ada sesi tanya jawab dan door prize. (VN)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply