Virtual Nusantara - Media Informasi Indonesia
banner 728x90

Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Planner

Bagi seorang internet marketer, melakukan riset keywords (kata kunci) untuk mengoptimasi website dari sisi #SEO adalah sebuah keharusan. Dengan melakukan riset keywords kita bisa mengukur berapa besar potensi trafik dari search engine Google yang akan kita dapatkan berdasarkan rangkaian kata kunci yang akan kita optimasi. Salah satu tools gratisan yang bisa kita gunakan untuk menemukan kata kunci yang potensial adalah dengan menggunakan Google Keyword Planner.

Buatlah riset kata kunci menjadi hal yang sederhana

Nah, membahas penggunaan keyword planner, kita bisa sederhanakan untuk sesederhana mungkin. Jadi kita bisa ambil inti paling mudahnya saja biar tidak ribet, dan pembahasan cara riset keyword untuk hasil pencarian kata kunci bisa anda terapkan secara maksimal.

Kita tidak bicara teori saja, anda juga tidak mau kan menulis artikel dengan susah payah, tetapi visitor dari blog anda adalah anda sendiri?

Short tail keyword dan long tail keyword

Biar lebih sederhana lagi, kita bisa bedakan kata kunci menjadi dua bagian saja. Tehnik yang paling mudah untuk pencarian kata kunci dan cara menempatkan kata kunci adalah sebagai penentu, agar artikel anda tidak mubazir dan mendapat kesempatan nongkrong di halaman pertama google.

Maka saya lebih menekankan untuk mereformasi calon artikel anda terlebih dahulu, sebelum yakin benar dan siap untuk di publish. Ini penting karena riset keyword ibarat senjata untuk artikel anda. Jika belajar tentang SEO, ini saatnya menerapkan SEO on Page pada artikel anda.

Contoh Short tail keyword : komputer, android, internet

Contoh Long tail keyword : komputer murah, android terbaru, paket internet

Untuk mengkombinasikan kata kunci tersebut, anda bisa menuliskan harga komputer termurah, android terbaru terlaris, paket internet hemat.

Supaya lebih banyak mengetahui variasi dari kata kunci utama, anda bisa memanfaatkan situs http://ubersuggest.org, di sini kita bisa mengalanisa kata kunci yang lebih variatif. Situs tersebut bereputasi sangat baik, bahkan banyak para webmaster menggunakan ubersuggest sebagai panduan awal mencari kata kunci yang tertarget.

Mengapa saya mengatakan bahwa melakukan riset keywords adalah sebuah keharusan? Ketika kita membangun sebuah website/ blog untuk bisnis, maka trafik tertarget adalah sesuatu yang sangat berharga. Trafik ini bisa kita dapatkan dari banyak sumber, salah satunya adalah dari mesin pencari Google. Jika website/ blog Anda teroptimasi dengan baik untuk keywords yang Anda inginkan, maka kemungkinan besar website Anda tersebut akan berada pada halaman utama setiap kali ada orang yang mengetikkan kata kunci pilihan Anda tersebut. Dan tentunya ini akan memberikan trafik tertarget GRATIS ke website bisnis Anda secara terus menerus yang kemungkinan besar akan menghasilkan konversi.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu kita lakukan dalam melakukan riset keywords dengan Google Keyword Planner:

1. Kunjungi Google Keyword Planner (https://adwords.google.com/KeywordPlanner)

2. Klik Sign in lalu masukkan alamat dan password Gmail Anda.

Sign in ke Keyword Planner

3. Anda akan melihat halaman Welcome to Google AdWords. Di sinilah kuncinya yaitu dengan mengklik Skip the guided setup.

Klik skip the guided setup

Ingat, jangan tekan tombol Continue karena Anda akan masuk ke halaman pembuatan kampanye iklan AdWords.

4. Pada halaman yang muncul, masukkan kembali alamat Gmail Anda. Negara, zona waktu, dan mata uang adalah opsional. Setelah itu, klik tombol Save and continue.

Masukkan kembali nama email

5. Klik  Tools dan pilih Keyword Planner.

Keyword Planner Tools

6. Klik Get search volume data and trends.

Get search volume data

7. Ketik kata kunci yang ingin Anda cek volume pencariannya. Bisa lebih dari satu dalam sekali pengecekan. Pada bagian Targeting negara, pilih Indonesia. Lanjutkan dengan mengklik Get search volume.

Ketik kata kunci dan pilih Targeting

8. Lihat hasil yang muncul. Contohnya di bawah ini.

Tampilan Keyword Ideas

9. Untuk mengecek kata kunci lain, ketik kata kunci tersebut di kotak Enter keywords lalu klik Get search volume.

Demikianlah tips singkat menggunakan Google Keyword Planner untuk pertama kali dengan tujuan riset kata kunci. Bagi Anda yang sudah “terjerumus” ke halaman kampanye iklan AdWords, solusinya adalah dengan membuat Gmail baru.

Setelah memiliki Gmail baru, lakukan tahap-tahap di atas. Tidak sulit, bukan?

Tools yang bisa diginakan :
https://promonavigator.co.id

Jasa Internet Marketing

http://www.adwordsindonesia.com/adwords/

Jasa GW Planner :

Jasa Google Adsword di Bali yang Terbaik

Sumber : http://www.blogodolar.com/cara-menggunakan-google-keyword-planner-untuk-pertama-kali/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply