Virtual Nusantara - Media Informasi Indonesia
banner 728x90

“Anak Sholih jaman Now di Pelangi-IV”

Gambaran Umum Pesantren Masyarakat Merapi-Merbabu (PM-3) adalah lembaga dakwah.

Pesantren Liburan Alam dan Ngaji Inspiratif atau yang dikenal dengan “Pelangi” merupakan program tahunan di Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu (PM3). Pelangi merupakan suatu program yang diagendakan di moment liburan sekolah. Sehingga dengan demikian, liburan anak tidak sekedar refreshing atau wisata. Akan tetapi di pelangi ini, selain refreshing dan hiburan, anak juga diajak untuk mempelajari ilmu agama Islam, bhakti sosial, dakwah dimasyarakat dan program laiinya dengan metode yang inspiratif, kreatif dan edukatif.

Pada tahun 2017 atau Pelangi-IV dilaksanakan pada tanggal 25-28 Desember 2017. Dengan mengusung tema “Anak Sholih Jaman Now”. Adapun sub temanya sebagai berikut:

  • Aku seorang “hafidz”
  • Aku seorang “penulis muslim”
  • Aku seorang “faqih”
  • Aku seorang “Muballigh cilik”
  • Aku anak “mandiri”
  • Aku seorang “petani dan peternak”
  • Aku seorang “relawan”
  • Aku seorang “petualang”

Ada pula yang berbeda pada pelangi tahun ini. Kalau tahun-tahun sebelumnya peserta berkegiatan di pesantren dan outdoor. Untuk tahun ini, peserta juga akan tinggal di rumah warga secara berkelompok dan didampingi kakak-kakak pendamping. Selain tempat tinggal, pada tahun ini juga tersedia “kantin pelangi”, yang dikelola oleh Kang Jordy (Mahasantri angkatan pertama). Kantin yang menyediakan bakso, gorengan, minuman dan beberapa snack ringan ini, alhamdulillah laris dan pengunjung merasa puas dengan pelayanan dan menunya. Beberapa wali peserta pelangi bahkan memberikan testimoni di media sosial mereka.

Kegiatan pelangi yang dimulai hari senin, 25 desember 2017 pukul 09.00 alhamdulillah di hari pertama berjalan lancar. Dari mulai registrasi sampai istirahat malam. Namun sebagai bentuk komitmen panitia dalam mengemban amanah, evaluasi selalu diadakan setiap harinya, setelah kegiatan selesai dan peserta kembali ke rumah warga atau pukul 21.00 WIB.

Semoga dengan kegiatan ini, dapat meningkatkan iman dan ilmu serta amal, baik peserta maupun panitia. Tidak lupa kami haturkan Jazakumullah khoiron katsiron kepada semua pihak yang terlibat dalam program pelangi tesebut. Semoga ikhtiar kita untuk menciptakan generasi masa depan Islam yang lebih baik diridhoi oleh Allah Subhanahu wata’ala.

PELANGI….Ikhlas dalam Bahagia dan membahagiakan

Selasa 26 Desember 2017 merupakan hari kedua Pesantren Liburan Alam dan Ngaji Inspiratif. Kegiatan dimulai pukul 03.00 saat para peserta bangun dan sholat qiyamul lail berjamaah yang diimami oleh kak Anas. Lalu dilanjut sholat shubuh dan dzikir pagi serta tilawah. Kurang leih pukul 06.00 peserta putra dipersilahkan kembali ke rumah jamaah yang ditempati guna membantu memersihkan rumah, sarapan dan bersih diri. Adapun peserta putri, mereka piket di lokasi pelangi, sarapan dan juga bersih diri.

Pukul 07.30 peserta pelangi elajar tahsin dan hafalan juz amma bersama Ust. Ghofur, dilanjutkan menghafal dan memahami hadits Arbain An Nawaioleh Ust. Zaky hingga pukul 11.00. kemudian dilanjutkan tidur siang dan sholat dzuhur dan Ashar (jama’ qoshar) berjamaah.

Selepas sholat dzhuhur peserta pelangi beristirahat dan makan siang. Baru kemudian dilanjutkan workshop singkat tentang kepenulisan oleh Kak Zuhdi (Tim Redaksi Pro-U media). Disitu para peserta belajar secara langsung atau praktik menulis. Yang kemudian di bacakan dihadapan peserta yang lain. Workshop kepenulisan ini sampai pukul 16.00. lalu dilanjutkan dengan istirahat, bersih diri dan makan sore. Menjelang maghrib para peserta pelangi, tilawah Al Qur’an. Dan dilanjutkan sholat maghrib dan Isya secara berjamaah. Lalu setelah sholat para peserta kembali tilawah Al Qur’an dan bersama musyrif mempersiapkan pnentas seni untuk malam kamis

Pukul 19.30, peserta pelangi disuguhkan kisah sirah Nabawiyyah yang disampaikan oleh kak Arif. Terlihat peserta sangat antusias dalam mendengarkan kisah yang disampaikan. Sesekali kak arif memberi soal dan anak-anakpunb erebut menjawab soal yang disampaikan.

Acara hari ini disudahi dengan muhasabah malam yang dipimpin oleh kak syahril. Dan dilanjutkan dengan meminum bubur kacang ijo. Tepat pukul 20.40 semua kegiatan sudah dihentikan. Dan para peserta kembali ke asramanya masing untuk berisitrahat da n mempersiapkan kagiatan hari esok.

Tangkas dan kreatifitas anak sholih jaman now

Jpeg

Tidak terasa program pelangi sudah memasuki hari ke-3. Hari ini diawali dengan sholat tahajjud dan sholat shubuh berjamaah. Yang kemudian dilanjutkan dzikir pagi dan bersih diri serta lingkungan.

Sesaat setelah para peserta bersih diri dan memakai pakaian olaraga, mereka kembali berkumpul di aula untuk sarapan pagi. Selesai sarapan, tepatnya pukul 07.30 WIB, peserta diberangkatkan menuju arena outbound, yang berjarak kurang lebih 2 km dari pesantren. Dengan rapi dan teratur dalam satu banjar, mereka berjalan menuju arena outbound didamping para musyrif dan musyrifah. Nampak ceria dan tak terlihat letih di wajah mereka.

Outbound yang bertempat di lapangan dusun plutungan ini, dimulai pukul 09.30 WIB. Dengan 5 jenis perlombaan dan ditutup dengan perang air. Kondisi yang panas tak menyurutkan semangat mereka dalam outbound. Justru mereka bersemangat, sehingga outbound selesai pukul 13.00 WIB, lebih cepat dari yang direncanakan yaitu pukul 14.30 WIB. Trurut hadir pula ketua yayasan Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu yaitu ustadz H.M Fanni Rahman beserta asatidz yang lain.

Selesai outbound peserta kembali ke pesantren dengan armada mobil L300 yang sengaja kami sewa untuk membawa peserta dan perlengkapan setelah outbound. Sesampainya di Pesantren, para peserta pelangi istirahat sejenak sampai waktu sholat ashar. Dan pukul 16.00 WIB, peserta pelangi kembali dikumpulkan di aula, untuk selanjutnya di instruksikan untuk belanja paketan sembako yang akan digunakan untuk hunting bakti sosial besok pagi. Lalu dilanjutkan persiapan latihan pentas seni bersama musyrif dan musyrifah. Saat jam menunjukkan 17.00, peserta kembali ke pesantren dengan membawa sembako yang siap dibagikan kepada penerimanya. Lalu dilanjutkan sholat maghrib dan isya secara berjamaah. Setelah itu kegiatan pentas senipun dimulai. Terlihat para peserta antusias dalam kegiatan tersebut. Meraka menampilkan kreativitasnya masing-masing di depan panitia dan peserta lainnya. Pukul 21.15 pentas seni selesai. Sambil menyantap snack malam, musyrif dan peserta diberikan arahan untuk agenda esok hari. Kemudian kembali ke asrama untuk istirahat dan tidur.

Hari Terakhir di Pelangi-IV

Di hari terakhir para peserta melaksanakan bakti sosial dengan membagikan sembako kepada masyarakat di sekitar lokasi Pelangi. Baksos kali ini dilakukan seperti serangan fajar yaitu selepas shubuh, serentak di tujuh RT.

Setelah baksos b

erlangsung, para peserta melangsungkan sarapan pagi. Kemudian dilanjut dengan kegiatan bertani bersama masyarakat sekitar Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu (PM3). Kegiatannya variatif, muali dari persipan menanam, kegiatan menanam, merawat, membersihkan rumput liar, memanen dan merumput untuk makan sapi. Kami maklumi hampir semua pesertanya berasal dari perkotaan yang notabennya jarang sekali dengan kegiatan di desa. Tapi mau tidak mau, para peserta harus belajar dengan kegiatan yang bertema “andai aku jadi seorang petani dan peternak” ini. Dimana mereka harus mengetahui sebuah proses untuk meraih hasil. Serta harus merasakan hidup sebagai seorang petani.

Setelah kegiatan di ladang, adik-adik peserta pelangi harus bersegera mandi, berpacking serta berpamitan dengan keluarga tempat peserta menginap (Peserta putra). Peserta pelangi setelah itu mengikuti penutupan acara pelangi dan dijemput oleh kelurganya masing-masing.

Tak terasa empat hari sudah kami membersamai dan belajar bersama adik-adik peserta pelangi. Banyak hal yang dirasakan peserta pelangi hari ini, lelah, ngantuk, kangen, senang, sedih serta berbagai kenangan dan ilmu yang ada. Semua rasa campur aduk jadi satu setelah mengalami kegiatan yang berbeda-beda. Mulai dari qiyamul lail, materi keislaman, motivasi, kepenulisan, bakti sosial, outbound dan kegiatan lainnya. Alhamdulillah semua itu mereka lalui dengan semangat dan tulus meski kadang terasa berat untuk dijalani. Bahkan musyrif kadang merasa tidak tega membangunkan untuk qiyamul lail. Tapi inilah i’dad yang harus dijalani untuk menempa mental, fisik serta pikiran para peserta. Yang tujuannya tidak lain adalah agar menjadi lebih mandiri, disiplin dan tangguh.

Hari ini mereka telah kembali ke rumahnya masing-masing. Semoga setelah mengikuti acara pelangi ini, mereka selalu mengamalkan apa yang telah didapatkan di pelangi. Semoga ilmu yang didapat, menjadi ilmu yang bermafaat. Baik bagi diri sendiri maupun ummat.

Anak sholih jaman now pastinya sudah banyak mengerti teknologi. Kami berharap mereka yang sudah aktif bermedsos bisa memanfaatkan gadgetnya untuk hal yang positif dan mulia. Berdakwah menyeru kepada kebaikan dienul Islam ini.

Oleh : Kak Imam Makarim, (Musyrif kelompok Thalhah bin Ubaidillah)

Redaksi: M. Ari Pradana (Kemahasantrian PM3)

Sumber :  http://pesantrenm3.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply