Virtual Nusantara - Media Informasi Indonesia
banner 728x90

GO AAI 2015, 7000 MAHASISWA UNS MENULIS AL-QUR’AN

Surakarta – Sabtu (29/8), ribuan mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret Surakarta sejak pagi sudah memenuhi pelataran Masjid Nurul Huda UNS untuk melakukan registrasi Grand Opening Asistensi Agama Islam atau yang lebih dikenal dengan sebutan AAI. Gebrakan baru dibuat oleh Biro Asistensi Agama Islam (Biro AAI) bekerja sama dengan Yayasan Indonesia Menulis Qur’an dalam GO AAI tahun ini. Tidak tanggung-tanggung, 7000 mahasiswa baru diajak untuk mendekat kepada Al-Qur’an sebelum memulai aktivitasnya sebagai mahasiswa baru.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh mahasiswa baru yang diterima melalui jalur hafidz. Masjid Nurul Huda yang sempat sepi selama libur perkuliahan mendadak ramai dan megah sejak pagi tadi. Nuansa biru langit yang menjadi warna khas almamater UNS memenuhi lantai 1 dan lantai 2 Masjid NH. Tidak hanya di dalam masjid, barisan mahasiswa baru juga terlihat memenuhi halaman Masjid NH.

Acara ini dihadiri oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS, Dr. H. Haedar Nashir, M. Si. selaku Ketua Umum PP Muhammadiyah, dan Brigjen (Purn) Anton Tabah dari MUI Pusat. Masya Allah, 11 buah Al-Qur’an berhasil dikhatamkan dengan tulisan oleh mahasiswa D3 dan S1. Peserta diajak untuk lebih dekat dengan Al-Qur’an dengan metode khotmil Qur’an bil qolam, menulis Qur’an dengan metode menjiplak, begitu kata Pak Ravik. Karena memang kertas yang dibagikan kepada peserta sudah tertulisi oleh ayat-ayat Al-Qur’an dan peserta tinggal menebalkan dengan pensil yang mereka bawa.

Dengan tema yang diangkat “Bersama AAI menjadi Pribadi Qur’ani” harapannya mampu mendekatkan mahasiswa dengan Al-Qur’an dalam setiap aktivitasnya. Alhamdulillah, acara yang diusung oleh Biro AAI seluruh UNS ini berjalan dengan lancar. Semoga UNS semakin Berjaya dengan dekatnya para civitas akademika dengan Al-Qur’an. Allohu akbar!.

Menandai dimulainya tahun akademik 2015/2016, Biro Asistensi Agama Islam Mata kuliah Umum Agama Islam Universitas Sebelas Maret  (Biro AAI UNS) mengajak ribuan mahasiswa baru untuk bersama-sama menulis AL Qur’an. Bekerjasama dengan yayasan Indonesia menulis Al Qur’an kegiatan ini akan berlangsung pada Sabtu 29 Agustus 2015 di Masjid Nurul Huda UNS.

Menghadirkan sekitar 6000 peserta yang merupakan mahasiswa baru UNS, peserta akan diajak untuk lebih dekat dengan Al Qur’an lewat kegiatan membaca dan menulis Al Qur’an atau yang dikenal dengan istilah “Khotmil Qur’an bil Qolam”. Metode ini dikembangkan oleh Yayasan Indonesia Menulis Al Qur’an. Lewat metode ini pengajaran Al Quran akan bias terasa  lebih mudah. Metode yang dipakai adalah dengan cara menulis Al Quran dengan cara menebalkan. Dari target peserta yang hadir diharapkan akan menyelesaikan penulisan 11 kali Al Qur’an.

UNS menjadi Perguruan Tinggi  pertama yang menyelenggarakan kegiatan menulis Al Qur’an secara berjamaah ini.  Kegiatan yang akan dihadiri oleh Rektor UNS Prof. DR. Ravik Karsidi, MS ini juga akan diisi tausyiyah oleh DR. Haidar Nashir Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Irjenpol (purn) Anton Tabah.

Dengan tema “Bersama AAI menjadi Pribadi Qur’ani”, diharapkan para mahasiswa UNS dapat membekali dirinya dengan nilai-nilai Qur’an dalam setiap aktifitas kehidupan di Kampus dan dalam kehidupan bermasyarakat nantinya. Sehingga akan melahirkan pribadi-pribadi yang tidak hanya cendekia berwawasan keilmuan, namun juga memiliki bekal keimanan dan ketaqwaan. Sumber : http://jnukmi.uns.ac.id/2015/08/29/go-aai-2015-7000-mahasiswa-uns-menulis-al-quran/#.WlMBx1T1U_V

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply